Penemu Mesin Hitung

Sabtu, 16 April 2011

William Seward Burroughs (1857-1898) adalah warga negara Amerika Serikat, penemu mesin hitung untuk perusahaan dan perintis pabrik mesin hitung. la lahir di Auburn, New York, pada tanggal 28 Januari 1855 dan meninggal di Citronelle, Alabama, pada tanggal 14 September 1898 pada umur 41 tahun. la tidak lulus SMP dan sejak umur 15 tahun terpaksa mencari nafkah sendiri.

la bekerja di bank jadi juru tulis, Selama di bank ia kenal dengan teman-teman sekerjanya yang mengerjakan pembukuan. Teman-teman itu mengeluh betapa sukarnya menyusun penjumlahan dan pengurangan, Pada waktu itu belum ada mesin hitung. Menjumlah rentetan bilangan yang cukup panjang dengan cepat dan betul bukanlah pekerjaan mudah. Keluhan teman-temannya menyebabkan Burroughs berpikir bagaimana cara menghitung bilangan dengan cepat dan betul.

Maka timbullah cita-cita untuk membuat mesin
hitung. Cita-cita itu hanya dapat menjadi kenyataan kalau ia bekerja di bengkel. Maka pada tahun 1881 pada umur 26 tahun ia pindah kerja, la bekerja di bengkel ayahnya. Di sini ia mulai mencoba membuat model cetak besi tuang dan rencana kasar mesin hitung. la bekerja keras selama 4 tahun dengan bantuan temannya yang bernama Thomas B. Metcalfe. Pada tahun 1885 mesin hitung yang pertama selesai. Ketika itu Burroughs sudah berumur 30 tahun. Tapi mesin hitung itu terlalu besar dan berat. Benda itu tidak praktis dan tak laku dijual. Maka ia harus membuat mesin hitung yang lain. Tapi ia tidak mempunyai biaya. Untunglah pada waktu itu di kota St. Louis ada duaorang pengusaha yang tertarik akan mesin hitung buatan Burroughs. Bersama mereka dan Metcalfe, Burroughs mendirikan pabrik mesin hitung.

Dalam pabrik itu Burroughs berusaha membuat mesin hitung yang lebih kecil, lebih ringan, dan praktis. Setelah mengalami beberapa kegagalan, akhi
rnya ia berhasil membuat mesin hitung yang praktis dan laku dijual. Hal itu terjadi setelah ia bersusah payah selama 6 tahun. la mendapat paten pada tahun 1892 pada umur 37 tahun, Mesin hitung itu laku keras. Tiga tahun kemudian ia mendapat Medali John Scott dari Institut Franklin untuk penemuannya itu. Tapi malang bagi Burroughs. Sebelum sempat jadi kaya-raya ia meninggal pada umur 41 tahun.
irhasmuhammad.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 
 
 
Copyright © Baca Kata